Bingung Bukber Dimana? Yuk, intip Menu Spesial Ramadhan di Gastromaquia!

Hi loves! Welcome to my blog!


Sebentar lagi bulan Ramadhan loh! Sudah tau mau buka bersama dimana? Yuk buruan survei tempat dan lihat menu makanan yang cocok dan nyaman untuk buka bersama keluarga, sahabat, teman, atau bahkan pasangan! Dan kali ini aku mau mereview tentang tempat yang sangat pas untuk dijadikan tempat bukber, penasaran? Simak selengkapnya ya!

Beberapa waktu lalu aku diberi kesempatan oleh Clozette Indonesia untuk icip-icip menu Ramadhan di salah satu restoran di Jakarta Selatan. Restoran tersebut yaitu Gastromaquia yang tepatnya terletak di Jl. Ciniru I No 1, Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.




Suasana Tampak Depan di Gastromaquia 

Gastromaquia merupakan restoran yang menyajikan makanan khas Spanyol. Berdiri sejak tahun 2008 oleh Hugo Ecolios Roldan dan Ramon Figuls Palos memiliki restoran pertamanya di Madrid. Gastromaquia juga mendapatkan sertifikat keunggulan Tripadvisor selama tiga tahun berturut-turut membuat Gastromaquia berada diantara 50 restoran terbaik. Kesuksesannya di Madrid, Gastromaquia dengan bangga memperkenalkan sajiannya di Jakarta.

Suasana Tampak Luar di Gastromaquia
Desain interiornya sangat khas dengan mengangkat tema Spanyol Vintage sehingga terlihat sangat bagus dan instagram-able, cocok buat kalian yang senang foto-foto.


Suasana Tampak Dalam di Lantai 1 Gastromaquia
Gastromaquia ini terdapat dua lantai, dimana lantai kedua lebih private dan bisa dijadikan reservasi untuk event-event khusus.

Sebelum datang kesini, aku sudah melakukan reservasi menu spesial ramadhan untuk 3-4 orang terlebih dahulu. Dan aku memilih untuk mereservasi tempat di lantai 2. Saat aku dan keluargaku sampai disana, pihak Gastromaquia pun menyambut dengan sangat ramah.



Suasana Tampak Dalam di Lantai 2 Gastromaquia

Next, kita bahas menu ramadhan Gastromaquia. Aku diberi beberapa pilihan menu ramadhan, sangat banyak dan terdengar sangat menarik untuk dicoba. Salah satu diantara menu ramadhan tersebut terdapat menu yang sangat spesial yaitu Yu Shang. Penasaran kan?
Nah, menu pertama yang aku coba yaitu Yu Shang. Yu Shang ini adalah menu yang ditawarkan oleh Gastromaquia sebagai menu utama/spesial di ramadhan kali ini. Saat pertama kali mendengarnya, aku belum terbayang menu Yu Shang ini seperti apa karena diketerangan menu hanya terdapat item-item nya saja. Dan wow, ternyata menu Yu Shang disajikan di atas nampan dan daun pisang dengan jenis lauk pauk yang sangat banyak dan beragam, nampak seperti menu tradisional Indonesia!
Menu Yu Shang
Adapun lauk pauk yang terdapat dalam menu Yu Shang ini yaitu :
  • Tumis Bawang
  • Tumis Tomat
  • Tumis Cabai/Sambal
  • Kentang Balado
  • Oseng Tahu dan Kacang Panjang
  • Tempe Oreg
  • Ikan Teri
  • Telur Dadar Iris
  • Serundeng
  • Pilihan (Ayam Goreng/Ikan Goreng Mujaer)
  • 4pcs Kerupuk

Setelah pesanan tiba, eits, jangan disantap dulu! Jadi kemarin mas-mas waiter nya juga menjelaskan bahwa semua makan yang ada di menu Yu Shang ini lebih baik jika dicampur/diaduk keseluruhan secara merata agar rasanya menjadi satu, lebih enak, dan semua orang bisa merasakan lauknya yang disajikan hangat. Menarik bukan?


Cara Mencampur Nasi, Bumbu, Lauk Pauk yang ada di Menu Yu Shang

Untuk cara mencampurnya juga ada urutannya loh! Yang pertama kita harus memisahkan terlebih dahulu ayam goreng/ikan goreng sesuai pilihan. Lalu proses pencampurannya yaitu dimulai dari mencampur/mengaduk nasi dengan urutan :
  1. Campurkan tumis bawang, tumis tomat, tumis cabai dengan nasi lalu aduk secara merata,
  2. Jika sudah merata, campurkan kentang balado, oseng tempe dan kacang panjang secara bersamaan kedalam adukan tadi, aduk kembali hingga merata,
  3. Lalu, campurkan lauk kering seperti tempe oreg dan ikan teri, aduk secara bersamaan,
  4. Setelah merata, taburkan irisan telur dadar di atas nasi yang telah tercampur dengan lauk-pauk tersebut,
  5. Ambil ayam goreng/ikan goreng sesuai pilihan serta kerupuk,
  6. And finally Yu Shang siap disantap! So yummy!
Tambahan, untuk bumbu serta lauk pauknya bisa dicampurkan sesuai selera kalian ya! Lalu bagaimana cara menyantapnya? Tidak perlu khawatir, karena sudah disediakan beberapa piring agar masing-masing lebih mudah untuk memakannya. Pas banget kan buat acara bukber? Dan untuk harga dari menu Yu Shang yaitu Rp 403.920/4 orang. Oh ya, untuk kalian yang ingin memesan menu Yu Shang, jangan lupa reservasi dahulu, H-1 sebelumnya ya!
Menu Yu Shang setelah Dicampur
Well, aku dan keluargaku sangat suka dengan menu Yu Shang tersebut, yang khas dengan cita rasa tradisional Indonesia. Delicious!
Lanjut ke menu selanjutnya, karena tadi sudah coba menu tradisional Indonesia, lalu aku tertarik untuk mencoba menu western-nya, aku memesan Fettuccine with Mix Mushroom and Creamy Truffle Sauce dengan harga Rp 90.000++. Parah fettuccine nya juga enak banget! Sausnya so creamy, berasa banget lezatnya. Porsinya juga pas dan ga terlalu sedikit, banyak malah! Worth it banget lah karena rasa nya yg lezat dan porsinya yang pas!
Fettuccine with Mix Mushroom and Creamy Truffle Sauce
Aku juga memesan Chicken Tight with Salad dengan harga Rp 90.000++. Dagingnya enak banget empuk dan bumbunya berasa banget, potatoesnya juga enak dan gurih. Langsung habis dalam sekejap, lezat!
Chicken Tight with Salad

Selain itu juga terdapat banyak pilihan menu minuman dan menu makanan lainnya yang mungkin bisa dipesan sesuai dengan selera kalian masing-masing ya!
Beberapa Menu Minuman
Overall, aku suka banget sama menu-menu ramadhannya, karena enak banget baik menu western maupun menu tradisional Indonesia nya. Karena jarang banget nih restoran Spanyol tapi masakan Indonesia nya juga enak. Dan harganya juga cukup worth it lah karena kelezatan makanannya dan porsinya juga yang cukup besar. Untuk tempatnya? Gausah ditanya, Gastromaquia comfy banget untuk kumpul-kumpul dan yang pasti instagram-able, bikin betah!
Sekian review aku kali ini, semoga bermanfaat ya buat kalian! Dan jangan lupa untuk comment di bawah ini lalu follow blogspot aku supaya kalian ga ketinggalan posting-an ter-update dari aku 💙. Thank you! And see you on my next review!

Special Thanks to :


With love,
Ulpah

Comments